Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Tips Kecantikan Alami: Wajah Bebas Jerawat dan Komedo

Tips Kecantikan Alami: Wajah Bebas Jerawat dan Komedo

Oleh: AnneAhira.com Content Team

Kulit berminyak, debu, kosmetik, dan bakteri merupakan beberapa jenis penyebab timbulnya jerawat. Untuk mencegah timbulnya jerawat, Anda dapat menggunakan sabun muka yang mengandung benzoyl peroxida atau sabun sulfur. Selain itu, disarankan untuk menggunakan masker antibakteri atau jerawat setiap seminggu sekali.

Selain jerawat, masalah yang sering timbul di bagian wajah, terutama hidung, adalah komedo. Bentuknya memang tidak sekentara jerawat, namun si kecil ini dapat mengganggu kecantikan wajah Anda.

Berikut ini ada beberapa tips kecantikan alami yang dapat dipraktikkan di rumah untuk mengusir jerawat dan komedo.

Jerawat

1. Mencegah Jerawat Secara Alami

  • Campurkan perasan 1 sendok teh jeruk nipis dengan 1 sendok teh madu.
  • Setelah tercampur, gunakan untuk mengolesi wajah secara merata.
  • Diamkan 30 menit.
  • Kemudian, bilas wajah menggunakan air dingin.

2. Mencegah Jerawat Membesar atau Meradang

  • Ambil satu siung bawang putih.
  • Tumbuk hingga halus dan gunakan untuk mengolesi bagian yang berjerawat. Bila kesulitan menumbuknya, Anda dapat mengirisnya dengan tipis.
  • Gunakan 2 kali sehari agar jerawat tidak telanjur membesar.

3. Mengobati Jerawat

  • Parutlah buah belimbing yang telah dicuci bersih.
  • Tambahkan garam dan aduk hingga rata.
  • Tempelkan parutan belimbing yang telah ditambah garam pada jerawat yang ada di wajah.

Lakukanlah hal tersebut dua kali sehari agar mendapatkan hasil maksimal.

4. Mengatasi Kulit Wajah Berjerawat

Mengatasi kulit wajah yang berjerawat ternyata tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan kulit jeruk purut. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengoleskan kulit jeruk purut tersebut secara perlahan pada kulit yang berjerawat. Jangan lupa untuk menggunakannya dua kali sehari.

5. Menangani Jerawat dengan Tepat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang biasa menyerang wajah. Menangani jerawat tidak boleh sembarangan. Jika tidak ditangani dengan tepat, jerawat justru akan bertambah banyak dan semakin parah.

Hal penting yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah mengubah gaya hidup. Biasakan untuk makan makanan yang tidak berlemak dan berminyak. Usahakan untuk menggunakan produk kecantikan yang tidak menyumbat pori-pori dan bersihkanlah wajah secara rutin menggunakan sabun yang lunak.

6. Menjaga Wajah Bersih dari Jerawat

Hal penting jika Anda ingin kulit wajah terbebas dari masalah jerawat adalah rajin membersihkannya. Jangan biarkan telapak tangan bersentuhan langsung dengan wajah.

Pilih pembersih dan kosmetik yang tepat bagi kulit wajah Anda. Jangan gunakan kosmetik yang mengandung minyak. Anda juga harus menghindari stres karena stres dapat meningkatkan hormon pemicu munculnya jerawat.

7. Meningkatkan Penyembuhan Jerawat

Telur, jamur, susu bubuk non-fat, biji labu, biji bunga matahari, kerang, bayam, dan gandum merupakan makanan yang banyak mengandung zinc dan berkhasiat dalam membantu penyembuhan jerawat.

Jika Anda sedang dalam masa penyembuhan jerawat, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc.

8. Mengatasi Jerawat Secara Alami

Mengatasi jerawat secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti yang terdapat di dalam gandum, salmon, kerang, kedelai, jeruk, lemon, dan produk susu.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi dapat membantu merevitalisasi kulit lelah.

9. Mengobati Jerawat dengan Ketimun

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, mungkin ketimun dapat membantu mengobatinya.

Caranya sangat sederhana dan mudah, yaitu dengan menempelkan irisan ketimun pada wajah berjerawat. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap hari untuk mengobati jerawat Anda.

Komedo

1. Mengatasi Komedo pada Wajah

Terkadang, komedo memang tidak dapat terhindarkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena komedo dapat dihilangkan.

Cara yang paling sering digunakan adalah menggunakan plester pore strips. Plester pore strips hadir dengan berbagai merek yang bisa Anda dapatkan di swalayan.

2. Mencegah Komedo

Komedo sering menjadi masalah bagi tampilan wajah. Seringkali kehadiran komedo yang sepele menjadi masalah besar. Oleh karena itu, melakukan tindakan pencegahan adalah langkah paling tepat.

Mencegah komedo dapat dilakukan dengan cara mencuci wajah secara rutin pada pagi dan malam hari menggunakan pembersih yang mengandung salicylic acid (AHA atau BHA) yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati, menggunakan scrub kulit wajah minimal seminggu sekali, selalu membawa kertas penyerap minyak untuk mengatasi minyak berlebih, dan gunakan masker untuk kulit berminyak seminggu sekali.

3. Menghilangkan Komedo

  • Siapkan putih telur dan kapas.
  • Kocok putih telur hingga berbusa, lalu celupkan kapas dan olesi hingga merata.
  • Tempelkan kapas tersebut pada hidung dan jangan sampai terlepas.
  • Diamkan hingga mengering.
  • Selanjutnya, lepaskan kapas dan komedo-komedo yang menempel pada kapas menandakan komedo telah terangkat.



Posted by Aji Baroto , Published at 1:25 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :