Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Cara Mudah Menulis

Cara Mudah Menulis

By Rahmadsyah Mind-Therapist
Assalamu’alaikum wr.wb
Salam bahagia nan sejahtera untukmu shahabat. Semoga hari ini menjadi hari baik bagi kehidupan Anda dan saya. Mudah-mudahan setiap nafas dan langkah sedang kita gerakkan, semakin mendekatkan kita menuju cita-cita dan harapan yang kita nantikan.

Ruang private adalah istilah yang diberikan oleh bapak Hernowo, bagi yang memutuskan dirinya untuk berkomitmen mengikat makna (membaca-menulis). Yaitu, ruang yang kita sediakan untuk menuliskan apapun (“sekarang”). Aktivitas menulis setiap ide yang mengalir atau bermunculan di kepala kita. Menulis apa saja, inti yang ingin kita tulis, seperti keinginan mengikat saripati makna. Contoh ; ”Cara mudah menulis itu, dengan menuliskan inti ide (yang tergambarkan, terdengar dan terasa di fikiran) dalam ruang private”.


Nah, setelah kita menuliskan inti ide, biarkan tulisan tersebut tersimpan untuk sementara waktu. Yang penting ia telah tercatat dan terekam dalam tulisan kita. Kemudian, baru kita kembangkan ide tadi, dengan mengggunakan rumus excellent 5w1H. (What, where, when, Who, Why and How)

Berikut ini, saya uraikan contoh cara mengembangkan inti ide yang sudah tertuang di ruang private, dengan menggunakan rumus excellent 5W1H.

What
Ruang private adalah metafora untuk mengungkapkan suatu kondisi hadirnya sebuah ide. Kemudian ide tersebut kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Selama menulis, kita tidak memperdulikan tata bahasa, kaidah, struktur, jenis tulisan (fiksi atau nonfiksis), dan hal yang berkaitan dengan aturan-aturan tulis menulis. Tetapi, kita mementingkan ide yang bermunculan itu, dapat kita keluarkan, teridentifikasi, dan tertuang dalam sebuah tulisan. Dan apa yang kita tuliskan itu memiliki makna bagi kita.

Who
Konsep menulis di ruang private ini dipersembahkan oleh Bapak Hernowo kepada siapa saja yang mau mudah menulis dan berkomitmen untuk mengikat proses membaca-menulis menjadi bermakna.

Where
Aktivitas menulis di ruang private, bukan berarti harus dan mesti ruang khsusus, seperti pojok ruangan atau kamar tertentu. Sehingga kita bisa menulis dimana saja. Namun, dalam buku Mengikat Makna Update, Pak Hernowo menyarankan agar kita menyediakan ruang nyata secara khusus (persepsi cara saya memahami). Sampai ruangan tersebut mengikat emosi kita (menjadi bermakna). Sehingga, kapanpun kita berada di ruang itu, bawah sadar kita langsung peka untuk mengeluarkan dan memunculkan ide-ide cemerlang.

When
Karena ruang private tidak mesti ruangan tertentu, maka kita bisa menulis kapanpun. Sehingga, tidak ada waktu khusus pula. Seandainya kita sedang berada di luar rumah, dengan mudah kita masih bisa menulis ide yang datang. Biasanya saya menulisnya di buku Bank Ide dengan konsep Mind-mapping.

How
Sebagaimana saya katakan tadi. Cara menulis di ruang private terserah saya dan Anda, tidak ada aturan baku. Maka, Anda boleh menulis dengan bentuk narasi, point-pointnya saja, atau format Mind-mapping.

Why
Adapun alasan terkuat menulis di ruang private, tiada lain supaya saya dan Anda mudah menulis. Ya, saya telah membuktikan, bahwa menulis di ruang private, bisa menyebabkan saya sangat-sangat mudah untuk menulis. Karena, terbebas dari tekanan psikologis (takut salah). Takut salah dengan aturan-aturan menulis yang pernah saya pelajari di sekolah dan kuliah.

Selamat menikmati dan menulis di ruang private Anda...

Ciganjur, 17 februari 2011
Enhanced by Zemanta



Posted by Aji Baroto , Published at 8:40 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :