Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Bahaya Terlalu Lama Nonton TV

Bahaya Terlalu Lama Nonton TV

Indah Winarso
hati-hati bila terlalu sering menonton tv

Hati-hati bila Anda gemar menonton siaran TV atau bermain game di komputer. Bila setiap hari Anda menghabiskan rata-rata empat jam duduk di depan layar, risiko untuk terkena penyakit jantung serta kematian dini, meningkat.

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology ini memang mengejutkan. Risiko itu tetap berlaku bagi mereka yang selama ini menjalani olahraga secara rutin, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dr Emmanuel Stamatakis dari University College London’s Department of Epidemiology and Public Health mengatakan, “Analisis kami menunjukkan, terpaku di depan layar TV dan komputer dua jam atau lebih setiap hari, dapat membuat seseorang beresiko berpenyakit jantung.”

Ini merupakan penelitian yang baru pertama kali dilakukan. Penelitian itu mengkaji keterkaitan antara durasi menonton televisi dan serangan jantung. Setelah hasilnya dianalisis, durasi menonton televisi terlalu lama akan meningkatkan risiko kematian mendadak.

Sedangkan risiko serangan jantung meningkat sampai 125 persen pada orang yang menghabiskan sampai empat jam sehari di depan layar kaca.

Hasil penelitian juga mengungkapkan, risiko ini juga berlaku bagi mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk, misalnya pekerja yang sehari-hari hanya duduk di kursi. Risiko itu terlepas dari faktor pengaruh merokok, kesejahteraan dan bahkan olahraga.

Dr Stamatakis mengungkapkan: “Risiko ini tidak dapat dicegah dengan olahraga. Temuan ini menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk rekomendasi kesehatan publik.”

Alasan munculnya peningkatan risiko serangan jantung ini kemungkinan karena pengaruh duduk terlalu lama akan terkait dengan peningkatan kolesterol.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?36520

Enhanced by Zemanta



Posted by Aji Baroto , Published at 7:34 AM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :