Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Apakah Anda OrangTua Sukses

Apakah Anda OrangTua Sukses


Apakah definisi SUKSES anda sebagai orang tua? Apakah anda sudah sukses sebagai orang tua?

Kebanyakan orang menganggap sukses sebagai orang tua jika anaknya juara ataupun memegang ranking atas di sekolah. Ada juga orang tua yang menganggap dirinya sukses jika anaknya bahagia dan percaya diri.

Coba bandingkan dengan definisi masyarakat tentang sukses, yang mengagungkan kekayaan, keterkenalan, dan jabatan. Semua definisi sukses itu mengacu pada “hasil.”

Masalahnya, jika definisi sukses kita bergantung pada hasil maka ketika kita mencapai “sukses” itu, definisi sukses kita sudah berubah. Lebih parah lagi, kita kehilangan ribuan saat-saat sukses dalam hidup tatkala berusaha meraih cita-cita sukses kita.

Sukses adalah perjalanan, bukan tujuan hidup. Bagaimana jika sukses berarti bahagia dan puas dengan kondisi hidup saat ini? Sukses berarti kita mampu mengarahkan layar kehidupan, tak perduli kemana arah angin?

Definisi sukses ini meminta kita untuk merenungkan nilai-nilai dan harapan pribadi, ataupun hal-hal yang penting bagi kita. Apa yang penting bagi anda? Kedamaian jiwa, kesehatan, energi tinggi, hubungan penuh kasih, kebebasan finansial, kebebasan untuk mengejar tujuan hidup, hidup yang berarti ataupun yang sering disebut aktualisasi diri?

Coba bandingkan kedua definisi sukses diatas. Sukses berdasarkan ”apa yang anda lakukan” dan sukses berdasarkan “siapakah diri anda.” Berdasarkan definisi pertama, sukses sebagai orang tua berarti anda mampu menciptakan anak yang “hebat.”

Sedangkan menurut definisi kedua, anda sukses sebagai orang tua karena anda “menikmati peran anda sebagai orang tua, hidup anda sebagai orang tua berarti, dst.” Jika anda belum menikmati peran anda sebagai orang tua, bahkan anda merasa sebagai “beban,” apa yang akan anda lakukan?

Sumber: http://resourceful-parenting.blogspot.com/
Enhanced by Zemanta



Posted by Aji Baroto , Published at 11:56 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :