Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Berani Mengajar, Kenapa Harus Takut Belajar?

Berani Mengajar, Kenapa Harus Takut Belajar?


Satria Dharma
 Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia
 (IGI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mutu dan profesionalitas guru masih menjadi tantangan utama pendidikan nasional. Sertifikasi dan peningkatan kesejahteraan guru belum meningkatkan mutu dan profesionalitas mereka.

 Demikian diungkapkan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Satria Dharma di Jakarta, Senin (30/1/2012), terkait Rakernas IGI yang digelar Sabtu (28/1/2012) lalu. Ia mengatakan, ada banyak kendala menyebabkan peningkatan mutu dan profesionalitas ini tidak juga berhasil dicapai. Salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar para guru.

 "Guru tidak memiliki motivasi belajar. Seolah-olah, guru itu bertugas mengajari siswa dan melupakan belajar untuk meningkatkan kompetensi dirinya," tutur Satria.

 Padahal, sambungnya, kalau berani mengajar, maka guru harus berani belajar. Melemahnya motivasi belajar ini berimplikasi pada apatisme dalam pembelajaran. Hal ini dipicu oleh sistem pembelajaran yang berpusat pada ancaman kelulusan, melalui ujian nasional (UN).

 "UN melemahkan sistem pembelajaran bermutu. Guru jadi malas berinovasi dan kreatif," katanya.

 Untuk itu, lanjut Satria, peran IGI saat ini difokuskan pada upaya peningkatan mutu dan profesionalitas guru. Pihaknya akan terus membantu pemerintah meningkatkan kualitas guru dengan berbagai seminar dan pelatihan guna mengejar ketertinggalan itu.

 "Tanpa guru yang bermutu, sulit mengharapkan pendidikan berkualitas," ujarnya.

 Dalam kesempatan itu, Satria menegaskan upaya peningkatan profesionalitas guru jangan diganggu oleh kegiatan politik praktis. Di banyak daerah guru menjadi korban pertarungan politik dalam pilkada. Mutasi dan demosi dilakukan bila guru tidak mendukung salah satu kandidat. Ini menciderai profesionalittas guru.

 Sudah saatnya, kata dia, guru betul-betul mencari cara dan terobosan baru untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah masing-masing.



Posted by Health Care , Published at 11:31 PM and have 0 comments

Tidak ada komentar :