Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Disiplin

Disiplin


Setiap orang tua, bapak ibu guru menginginkan anak atau siswanya disiplin, bahkan orang tua dalam mencarikan sekolah buat anaknya seringkali mempertimbangkan tingkat kedisiplinan sekolah. Maka menjadi sebuah pertanyaan yang muncul dibenak kita apa manfaat disiplin buat kita? Perlu para siswa ketahui bahwa disiplin merupakan salah satu kunci sukses. Jadi sesungguhnya apa yang dimaksud dengan disiplin?
Disiplin adalah suatu kesadaran seseorang dalam berperilaku atau bertindak untuk mematuhi aturan/tata tertib yang berlaku, tanpa paksaan atau tekanan.
Disiplin berdasarkan ruang lingkup berlakunya maka disiplin dibedakan menjadi 3
1.       Disiplin diri
Disiplin diri adalah mentaati perarutan yang berlaku bagi seseorang, misalnya menaati jadwal harian. Jadi siswa yang selalu bertindak menaati jadwal harian yang telah dibuat berarti termasuk siswa yang mempunyai disiplin diri yang bagus. Walaupun jadwal itu dalam proses pembuatanya bersama orang tua atau guru BK.
2.       Disiplin sosial
Disiplin sosial adalah apabila ketentuan-ketentuan atau peraturan-peraturan itu harus dipatuhi oleh orang banyak atau masarakat. Misalnya saat kita berada di jalan raya maka harus mematuhi rambu rambu lalu lintas, di sekolah harus mematuhi tata tertib yang berlaku, Saat anda mengunjungi perpustakaan, maka wajib menulis di buku pengunjung, mengucapkan salam terhadap bapak atau Ibu yang ada di perpustakaan, Saat didalam kelas harus berdisiplin dalam mengikuti pelajaran.
3.       Disiplin nasional
Disiplin nasional adalah apabila peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan itu merupakan tata laku bangsa atau norma kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus dipatuhi oleh seluruh rakyat. Misalnya, disiplin membayar pajak dan disiplin mengikuti upacara bendera.
Tips untuk dapat hidup dengan disiplin, dengan cara :
a.       kelola diri sendiri dengan baik.
b.      Lakukan kegiatan selingan sesekali di luar rutinitas.
c.       Fokuskan fikiran pada tujuan akhir yang ingin dicapai.
d.      Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam waktu dekat.
e.      Buat urutan prioritas hal – hal yang ingin kita lakukan.
f.        Buat jadwal kegiatan secara tertulis.
g.       Berusahalah untuk selalu dsiplin dengan jadwal program kegiatan yang sudah kita susun sendiri.

Disiplin diri merupakan suatu siklus kebiasaan yang kita lakukan secara berulang – ulang dan terus menerus secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu hal yang biasa kita lakukan. Disiplin diri dalam melakukan suatu tindakan yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan akan manjadi suatu kebiasaan yang mengarah pada tercapainya keunggulan. Keunggulan membuat kita memiliki kelebihan yang dapat kita gunakan untuk  meraih tujuan hidup yang menentukan masa depan kita.



Posted by Aji Baroto , Published at 11:35 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :