Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Anak Beranjak Remaja Mulai Berulah, Orangtua Jangan Langsung Posesif!

Anak Beranjak Remaja Mulai Berulah, Orangtua Jangan Langsung Posesif!

Oleh:Vessy Frizona

Bunga Kehidupan: Pada masa pencarian jati diri, remaja akan senang berpetualang dan mencoba hal-hal baru di luar rumah. Mereka akan lebih banyak menghabiskan banyak waktu di luar bersama teman-teman ketimbang orangtua.

Beberapa orangtua yang kurang peka dengan perkembangan remaja akan menganggap anak yang tiba-tiba tidak betah di rumah adalah kenakalan baru yang sulit dibendung. Namun, tidak semua demikian. Selama yang dilakukan anak positif dan tujuan mereka adalah bersosialisasi itu sangat bagus untuk perkembangan remaja sendiri.

Psikolog Anak dan Remaja, Sani B. Hermawan mengungkap beberapa orangtua mungkin merasa kesepian dan kehilangan anak yang dulu membuat suasana di rumah ramai kini menjadi banyak di luar. Untuk ia memberi solusi agar anak betah di rumah.

“Orangtua harus jeli melihat apa yang sedang disukai anak. Kemudian, sediakan fasilitas itu di rumah. Misalnya, anak suka main basket, buatkan saja ring basket di halaman rumah, atau buku-buku yang mereka suka bila anak suka membaca,” ujar Sani

Ide-ide lain juga dibeberkan psikolog lulusan Universitas Indonesia ini untuk orangtua agar dapat menciptakan suasana yang disukai anak sehingga mereka betah di rumah.

“Seperti masak bersama, membuatkan makanan kesukaan anak yang doyan makan. Atau ajak anak melakukan hobi bersama, misalnya main sepeda, nonton film, dan lain sebagainya,” tutur Sani.
(vin)
sumber:lifestyle.okezone.com



Posted by Aji Baroto , Published at 7:11 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :