Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Waktu Tidur Anda

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Waktu Tidur Anda

 Bunga Kehidupan — Akhir minggu adalah waktu paling tepat untuk memperbaiki pola tidur Anda, bukan untuk tidur sepuasnya tanpa aturan. Lupakan dulu kewajiban tidur tujuh sampai delapan jam semalam seperti yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation. Itu adalah hitungan rata-rata.

Sebenarnya, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Berikut adalah cara untuk menentukan jumlah optimal tidur yang Anda butuhkan dalam hitungan yang tepat hingga ke menitnya.

"Sekitar 70 persen populasi orang dewasa membutuhkan antara enam sampai sembilan jam tidur malam setiap hari agar merasa segar," kata Shelby Harris, PsyD, direktur terapi gangguan tidur di Sleep-Wake Disorders Center at Montefiore Medical Center.

Ada orang yang merasa baik-baik saja dengan tidur selama enam jam per hari dan ada yang tidak. "Genetika punya peran di sini," kata Harris.

Karena Anda tidak dapat mengubah gen tidur Anda, mungkin Anda bertanya-tanya, "Jadi, berapa jam waktu tidur yang saya butuhkan setiap hari?"

Sebelum sampai pada jawabannya, sebaiknya Anda mengingat lagi betapa banyaknya keuntungan yang terjadi jika Anda bisa tidur dalam jumlah waktu yang tepat setiap hari. Mulai dari kesehatan fisik, kemampuan berkonsentrasi, hingga kemampuan motorik akan optimal jika Anda cukup beristirahat.

"Tidur adalah kunci kesehatan. Tidak cukup tidur, berarti Anda merugi," kata Harris lagi.

Ini inilah jawaban dari pertanyaan mengenai berapa lama waktu tidur yang Anda butuhkan.

1. Lebih baik jika Anda mempunyai waktu selama seminggu penuh untuk bisa bangun kapan saja sesuka Anda.

2. Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan catat jam berapa Anda bangun pagi hari demi hari tanpa gangguan alarm.

3. Hitung berapa banyak Anda tidur pada malam keempat, kelima, dan keenam. Hitung dalam hitungan menit.

Hari pertama hingga ketiga tidak perlu dihitung karena mungkin pada hari-hari itu Anda masih terganggu dengan pola tidur yang lama.

4. Jumlahkan lamanya waktu tidur Anda pada hari keempat hingga keenam. Lalu hasilnya bagi tiga.

Nah, sekarang Anda sudah mendapat hasil berapa lama tepatnya waktu tidur ideal untuk Anda. Ini adalah jawaban yang solid mengenai lamanya waktu tidur yang Anda perlukan secara pribadi, bukan hitungan rata-rata.

Sekarang, Anda tinggal terapkan dalam kehidupan Anda. Jika hasil yang Anda dapat, misalnya, 420 menit atau tujuh jam dan setiap hari Anda harus bangun pukul lima pagi, artinya tepat pada pukul 10 setiap malam Anda harus sudah terlelap supaya bisa bangun tepat waktu dalam keadaan segar bugar. Mudah sekali, bukan?
Editor     : Bestari Kumala Dewi
Sumber    : Fitness Magazine, Kompas.com




Posted by Aji Baroto , Published at 8:04 AM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :