Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Peran Penting Pendidikan Karakter Bagi Remaja

Peran Penting Pendidikan Karakter Bagi Remaja

       Bunga kehidupan. Remaja merupakan masa di mana seseorang beranjak dan juga tumbuh dari masa anak – anak ke masa dewasa, oleh sebab itu masa remaja sering kali disebut dengan masa transisi. Usia remaja sendiri biasanya diperkirakan dari usia 10 sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu seseorang mengalami yang namanya pubertas di mana karakternya bisa berubah – ubah tergantung dengan kondisi lingkungannya itu sendiri. Hal tersebut karena pada masa remaja tersebut seseorang sedang mencari jati dirinya, oleh karena itulah pada masa remaja sangat penting untuk mendapatkan pendidikan karakter. Dengan adanya pendidikan untuk membangun karakter tersebut tentu saja nantinya akan bisa mengarahkan dan juga membentuk karakter yang positif sehingga nantinya tidak mudah terpengaruh dengan hal – hal yang negative. Mengingat sekarang ini semakin majunya zaman dan juga teknologi bertambah banyak pula remaja yang memiliki karakter negative di mana sering kali melakukan tindak kejahatan seperti perampokan, pencurian, geng motor, perkosaan sampai dengan pembunuhan, bahkan tak jarang pula siswa yang masih bersekolah melakukan tawuran sampai mejatuhkan korban jiwa.
      Semua hal tersebut bisa terjadi karena gejolak jiwa dari para remaja masih labil dan cenderung sulit untuk dikontrol, sehingga sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologinya. Pengendalian diri juga sangat sulit dilakukan oleh setiap remaja itulah mengapa pendidikan karakter sangat diperlukan. Pendidikan itu sendiri bisa didapatkan dari berbagai pihak seperti orang tua, lingkungan dan juga sekolah. Namun tentu saja tetap membutuhkan orang yang mengawasi dan juga mengarahkannya agar nantinya tidak terjerumus. Selain itu jika pendidikan mengenai pembentukan karakter yang baik sendiri akan memberikan beberapa manfaat seperti dapat membantu orang lain, menghormati dan dihormati oleh orang lain, mendapatkan predikat yang baik dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan yang lebih pentingnya lagi, nantinya akan bisa hidup lebih tenang. Kemudian juga dengan adanya pendidikan pembentukan karakter nantinya akan membentuk seseorang menjadi lebih berprestasi, dengan demikian tentu saja nantinya selain membanggakan diri sendiri juga akan membanggakan orang tua dan orang lain tentunya.
     Pada awalnya membentuk suatu karakter yang baik sendiri memang susah karena setiap manusia tentu saja memiliki sisi negative, namun jika terus dan selalu mencoba nantinya akan bisa lebih baik lagi. Jadi mengikuti pendidikan karakter sendiri juga sangat penting, sekarang ini banyak sekali lembaga yang menawarkan jasa untuk pembentukan karakter sehingga akan membuat seorang remaja yang memiliki tanggung jawab, remaja yang unggul, remaja yang memiliki karakter unggul yang baik, stabil di dalam mengatur emosi, mampu mengendalikan diri sendiri, intelektual berkembang dengan baik dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan yang tidak kalah penting adalah menjadi remaja yang membanggakan bagi semua orang termasuk bagi negara.



Posted by Health Care , Published at 10:03 PM and have 0 comments

Tidak ada komentar :