Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Tahapan penanaman pendidikan karakter generasi muda yaitu

Tahapan penanaman pendidikan karakter generasi muda yaitu

1. Lingkungan keluarga
Di dalam lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama kali mendapatkan penanaman moral yang baik. Keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan juga anak akan sangat penting terciptanya kualitas hidup yang baik dan juga harmonis. Pendidikan karakter di lingkungan keluarga bisa di tanamkan dengan kehidupan agama dan juga sosial yang seimbang dan bagus. Dengan orang tua yang dapat di jadikan patner dalam pengembangan pendidikan karakter maka anak-anak aka tumbuh dan berkembang dengan kualitas yang baik. Adapun kualitas yang harus di pupuk setiap harinya adalah kualitas kasih sayang dan juga penanaman moral yang baik.
2. Lingkungan sekolah
Bagi anak yang menginjak usia sekolah akan mendapatkan pendidikan karakter selanjutnya di lingkungan sekolah. Akan banyak sekali orang yang akan di temui anak untuk dapat mengembangkan karakternya. Misalnya saja mengenai penanaman kehidupan tenggang rasa jika menemui teman yang berbeda agama, menghormati guru dan juga masih banyak lagi lainnya yang dapat di jadikan sebagai pendidikan di lingkungan sekolah.
3. Lingkungan masyarakat
Di dalam lingkungan masyarakat akan ada banyak sekali orang yang akan di temui. Bahkan kehidupan bermasyarakat juga akan menentukan mengenai karakter kita. Adapun pendidikan yang harus di tanamkan misalnya saja mengenai menghargai orang lain, bertenggang rasa kepada tetangga rumah dan lain sebagainya. Hindari ingin terlihat lebih menonjol di bandingkan dengan orang yang ada di sekeliling Anda. Anda juga harus mengatur pola bicara agar tak menyakiti orang lain. Dengan begitu kehidupan bermasyarakat akan menjadi lebih sehat dan juga berkualitas. Hindari kegiatan bergosip tau kegiatan yang tak bermanfaat bagi kehidupan yang yang rukun pada akhirnya.
Setelah mengenai semua hal ini maka di harapkan kita dapat membangun pola pendidikan yang lebih baik dari Anda untuk menghasilkan generasi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan negara lain. Negara yang besar apabila generasi muda di dalamnya juga memiliki kualitas yang baik.



Posted by Aji Baroto , Published at 10:11 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :