Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Tips Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dan Bosan Saat di Kantor

Tips Cara Menghilangkan Rasa Jenuh dan Bosan Saat di Kantor

Bunga Kehidupan. Rasa jenuh dan malas seringkali melanda saat kita sedang berada di kantor karena banyak pekerjaan menumpuk yang belum terselesaikan. Jika hal tersebut terus dibiarkan lama dan berlarut-larut maka nanti akan menyebabkan pekerjaan jadi semakin terbengkalai, dimarahi bos dan bisa berakhir dengan dipecat dari kantor tempat anda bekerja.
Untuk menghilangkan rasa jenuh dan malas di kantor, berikut ini beberap tips cara untuk menghindari dan menghilangkan rasa tersebut:
1. Lakukan relaksasi
Daripada terus memikirkan beban pekerjaan yang tidak atau belum ketemu solusinya, lebih baik anda gunakan waktu tersebut untuk melakukan relaksasi. Lemaskan otot-otot tubuh dengan bertumpu pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung dan punggung bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Tiap otot ditegangkan selama 5-7 detik kemudian dikendorkan selama 12-15 detik. Ulangi cara ini hingga 5 kali berturut-turut. Metode relaksasi ini bisa membantu untuk meredakan stres yang Anda alami.
2. Atur manajemen waktu dengan baik
Pandai mengatur waktu di kantor sangatlah diperlukan. Tujuannya agar anda tahu kapan waktu untuk bekerja keras dan kapan waktu beristirahat dengan santai. Saat waktunya bekerja, tentunya anda harus berkonsentrasi penuh dengan pekerjaan, begitu juga sebailiknya saat istirahat anda gunakan untuk bersantai sehingga waktu anda tidak habis tersita karena memikirkan pekerjaan.
3. Tata ulang ruang kerja anda
Untuk mencegah stres datang, anda bisa coba atas dengan cara menata ulang ruang kerja anda. Jauhkan meja dari tumpukan kertas atau file. Simpan kertas-kertas dalam map, kotak, atau laci. Jika memungkinkan, pindahkan letak meja yang anda gunakan menghadap matahari agar anda dapat bekerja dengan cahaya alami dari luar.
4. Gunakan terapi musik
Saat stres, jenuh dan bosan melanda, putar lagu kesukaan. Selanjutnya coba dengar dan nikmati musik dalam keadaan rileks saat bekerja atau seusai pulang kantor untuk menghilangkan rasa penat.
5. Gunakan waktu makan siang untuk penyegaran
Saat jam makan siang tiba, hentikan semua pekerjaan. Manfaatkan waktu makan siang untuk menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan atau sahabat di kantor. Bicarakan hal-hal ringan dengan energi dan semangat baru.
6. Lakukan olahraga secara teratur
Olahraga secara secara teratur (misal seminggu dua kali) bisa untuk melepaskan ketegangan yang kerapkali anda alami di tempat kerja dan menggantinya dengan suasana rileks dan bugar pada tubuh. Pilihlah satu jenis olahraga yang Anda gemari. Anda bisa melakukannya di saat hari libur atau sepulang dari kantor.
7. Selesaikan semua masalah anda dengan bos atau rekan kerja
Saat mempunyai masalah baik dengan rekan kerja atau bos anda, segera selesaikan masalah tersebut. Siapa tahu, masalah tersebut merupakan penyebab dari stres anda. Lakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan kesalah pahaman yang mungkin terjadi lingkungan kerjapun kembali terasa nyaman dan menyenangkan untuk anda.
8. Belajar untuk selalu berpikir positif
Cobalah untuk belajar berpikir positif. Misalnya saat atasan marah-marah pada anda, bukan berarti ia untuk mengembalikan kesegaran pikiran anda. Sehingga nanti saat kembali ke kantor, anda sudah siap sentimen atas hasil kerja anda. Cobalah berpikir dan berprasangka baik bahwa si bos sedang memberi masukan yang berguna bagi perkembangan kinerja Anda di kemudian hari.
sumber:inicaraku.com




Posted by Health Care , Published at 2:57 PM and have 0 comments

Tidak ada komentar :