Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

pengaruh Handphone terhadap individu dan lingkungan sosial

pengaruh Handphone terhadap individu dan lingkungan sosial

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.
Dunia informasi saat ini seakan tak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.
Salah satu teknologi yang saat ini sedang trend dan digemari masyarakat Indonesia adalah Handphone ( HP ). Saat ini handphone bukanlah suatu hal yang dianggap mewah atau langka lagi. Handphone sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Dari kalangan bawah sampai kalangan atas sudah menggunakan handphone. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur Handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi. Handphone yang awalnya hanya sekedar digunakan sebagai telpon dan SMS saja. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, sehingga perangkat Handphone semakin lengkap muali dari Game, Mp3, Kamera, Radio, dan koneksi Internet. Bahkan sekarang muncul teknologi baru untuk melengkapi komponen yaitu 3G. Dimana generasi ini telah merambah ke layanan internet secara Wireless. Teknologi ini telah merambah ke akses secara permanent Web, Video interaktif, dengan kualitas suara yang sangat baik sekualitas CD Audio Player hingga ke teknologi kamera video yang diintegrasikan dalam telepon seluller.
Banyak funsi yang bisa kita lakukan dengan mempunyai Handphone, diantaranya digunakan untuk menyimpan informasi, membuat daftar pekerjaan atau perencanaan pekerjaan, mencatat appointment ( janji pertemuan ) dan dapat disertakan reminder ( pengingat waktu ), kalkulator untuk perhitungan dasar sederhana, mengirim dan menerima email, mencari informasi ( berita, hiburan, dan informasi lain ) dari internet, Integrasi ke peralatan lain seperti PDA, Mp3 player, dan GPS ( Global Positioning System ). Dengan lengkapnya fumsi Handphone ini menjadikan manusia menjadi Individual, karena informasi tidak lagi dibutuhkan oleh individu lain, melainkan bisa didapat dari Handphone yang ia punya, hal ini yang mengakibatkan individu semakin menjauh dari lingkungan social. Karena mereka merasa semua bisa dilakukan dengan menggunakan Handphone tanpa kerjasama atau bantuan orang lain.
1.2 Rumusan Masalah.
Dari latar belakang diatas dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa defenisi dari Handphone ( HP ) ?
2. Apa defenisi dari lingkungan sosial ?
3. Apa pengaruh Handphone terhadap individu dari lingkungan social ?
1.3 Tujuan.
1. Mengetahui perkembangan Handphone.
2. Mengetahui apa arti lingkungan sosial.
3. Mengetahui pengaruh Handphone terhadap individu dan lingkungan sosial.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Defenisi Handphone.
Telepon genggam atau Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel ( nirkabel, wireless ).
Generasi pertama system selular Analog yaitu AMPS ( Advance Mobile Phone Service ). Versi dari AMPS dikenal sebagai Narrowband Advance Mobile Phone Service ( NAMPS ) yang menggabungkan teknologi digital, sehingga system ini dapat digunakan untuk membawa tiga kali lebih besar kapasitas pada setiap panggilan versinya. Pada tahun 1981 muncul NMT ( Nordic Mobile Telephone System ). Pada tahun 1982 muncullah GSM ( Global System For Mobile Communination ). Pada tahun 1990 jaringan Amerika Utara bergabung membentuk standarisasi IS-54B dimana standarisasi ini adalah yang pertama kali menggunakan dual mode seluler berdasarkan teknik penyebaran spectrum untuk meningkatkan kapasitas yang disebut IS-95. Dengan menggunakan protocol AMPS sebagai defaultnya, akan tetapi mempunyai cara kerja SEC. Normal yang berbeda dengan analaog selular serta lebih canggih disbanding IS-54. Pada awalnya disebutkan bahwa yang menggunakan teknologi sistem Code Division Multiple Access ( CDMA ) secara digital akan meningkatkan kapasitas hingga 10 sampai 20 kali pada sistem selularnya. Meskipun konsep tersebut mengedankan hal inilah yang menjadikan sistem berdasarkan CDMA menjadi metode transmisi pilihan pada pemasangan-pemasangan baru di atas sistem CDMA. Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu GSM dan CDMA tetapi sekarang ada era generasi baru Handphone yaitu era generasi ke-3 ( 3G ). Dimana generasi ini telah merambah ke layanan internet secara wireless.
2.2 Arti Lingkungan Sosial.
Sebagai makhluk social, manusia tidak pernah bisa hidup seorang diri. Dimanapun dan bilamana pun, manusia senantiasa memerlukan kerjasama dengan orang lain. Manusia membentuk pengelompokan sosial diantara sesame dalam upayanya mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupan. Dalam suatu kehidupan sosial, manusia juga memerlukan organisasi, yaitu suatu jaringan interaksi social antar sesama untuk menjamin ketertiban social, seperti keluarga, kelompok masyarakat dan lain-lain. Lingkungan sosial merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara anggota atau kelompok masyarakat beserta pranatanya dengan symbol dan nilai serta norma yang sudah mapan, serta terkait dengan lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Brbagai persoalan lingkungan sosial yang sedang berkembang saat ini, antara lain :
• Berkembangnya konflik dan friksi sosial yang disebabkan oleh berbagai hal.
• Ketidakmerataan akses sosial dan ekonomi.
• Meningkatnya ketimpangan atau kesenjangan akses pengelolaan sumber daya.
• Ketimpangan dan kesenjangan akses pengelolaan sumber daya.
• Meningkatnya gaya hidup.
• Perubahan dinamika penduduk.
• Lemahnya kontrol sosial, dll.
2.3 Pengaruh Handphone Terhadap Individu Yang Dapat Menjauhkan Diri Dari Lingkungan Sosial.
Manusia yang dulu merupakan mekhluk sosial yang selalu membutuhkan kehadiran orang lain. Dan tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain kini berubah menjadi manusia individual yang lebih mengutamakan kebutuhannya sendiri. Karena dengan adanya Handphone mereka bisa mendapatkan informasi tanpa harus menemui teman atau nara sumber.
Kebutuhan manusia sebenarnya cukup banyak tapi kebutuhan yang sangat mendasar yaitu kebutuhan material dan sosial. Selain kebutuhan pokok yang bersifat material, kebuthan pokok lain yang tidak kalah penting adalah kebutuhan sosial hidup bersama. Kebutuhan sosial yang dimaksud disini bukan hanya sekedar bisa hidup bersama orang lain, melainkan juga bersama tuntutannya, agar tetap bersama itu berlangsung secara indah dan menyenangkan. Manusia adalah makhluk sosial yang mutlak membutuhkan kebersamaan sama lain. Hal-hal yang sangat esensial dalam kebersamaan adalah cinta, perhatian, kasih saying, kesabaran, kerelaan berkorban, kesetiaan, mau berbagi suka dan duka, kepercayaan, penerimaan apa adanya, kejujuran berlaku adil, terbuka, rela menderita demi sesame, dan sebagainya. Hal inilah yang mulai pudar sejak dimunculkannya Handphone. Contohnya kalau dulu pada hari lebaran orang berbondong-bondong silahturahmi ke keluarga masing-masing, tapi dengan adanya Handphone kebanyakan orang minta maaf lewat Handphone. Karena dengan menyampaikan lewat Handphone mereka menganggap bahwa rasa minta maaf itu sudah tersampaikan. Hanya dengan beberapa detik saja pesan yang dikirim lanhsung diterima, dengan dasr itu masyarakat mulai menganggap bahwa dunia bisa dijanhkau dengan sebuah Handphone. Sehingga untuk berkomunikasi dengan orang lain sekarang tidak harus selalu bertemu. Hal ini yang sering atau sedikit banyak membuat orang jadi individualistic, dimana komunikasi dirasakan sudah cukup dengan SMS ataupun telepon langsung.
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan.
Dari pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu :
1. Salah satu teknologi yang saat ini sedang trend dan digemari masyarakat Indonesia adalah Handphone. Handphone sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur Handphone juga diberikan sebagai penunujang majunya teknologi.
2. Banyak fungsi yang bisa kita lakukan dengan mempunyai Handphone diantaranya digunakan untuk menyimpan informasi, membuat daftar pekerjaan atau perencanaan pekerjaan, mencatat appointment ( janji pertemuan ) dan dapat disertakan Rminder ( pengingat waktu ), kalkulator untuk perhitungan dasar sederhana, mengirim dan menerima email, mencari informasi dari internet, integrasi ke peralatan lain seperti PDA, Mp3 player, dan GPS.
3. Telepon genggam atau Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa kemana-mana ( portable ) atau tidak perlu disambung dengan jaringan telepon menggunakan kabel ( nirkabel, wireless ).
4. Berbagai persoalan lingkungan sosial yang sedang berkembang saat ini adalah dengan berkembangnya konflik dan friksi sosial yang disebabkan oleh berbagai hal, ketidakmerataan akses sosila dan ekonomi, meningkatnya ketimpangan atau kesenjangan akses pengelolaan sumber daya, ketimpangan dan kesenjangan akses pengelolaan sumber daya, meningkatnya gaya hidup, perubahan dinamika penduduk, lemahnya control sosial.
5. Kebutuhan manusia sebenarnya cukup banyak tapi kebutuhan yang sangat mendasar yaitu kebutuhan material dan kebutuha sosial. Selain kebuthan pokok yang bersifat material, kebutuhan pokok lain tidak kalah penting adalah kebutuhan sosial hidup bersama.
6. kehidupan sosial yang dimaksud disini bukan hanya sekedar bisa hidup bersama orang lain, melinkan juga bersama tuntutannya, agar hidup bersama itu berlangsung secara indah dan menyenangkan.
7. Manusia adalah makhluk sosial yang mutlak membutuhkan kebersamaan atau lebih tepat hidup saling ketergantungan satu sama lain.


Posted by Health Care , Published at 3:54 PM and have 0 comments

Tidak ada komentar :