Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Bahasa dan Tata Nilai

Bahasa dan Tata Nilai

Written by Sumardiono

Dalam pendidikan yang berkaitan dengan budaya, seperti pendidikan multi-kultural, salah satu alat penting yang digunakan adalah pendidikan bahasa. Sebab, penggunaan bahasa merupakan cerminan dari tata nilai dan tata pikiran (mind set).

Seorang yang bertata nilai baik akan cenderung menggunakan bahasa yang baik. Seorang yang menggunakan bahasa yang melecehkan dan mengandung kekerasan, dimungkinkan di dalam dirinya mengandung tata nilai tersebut.

Salah satu cara untuk memadukan antara tata nilai dan kemampuan berbahasa adalah mengekspos anak dengan pilihan kata dan bahasa positif sejak dini. Pada waktu anak mulai berlatih membaca, kata-kata yang dipilih tidak harus berupa kata benda. Tetapi, pilihkan kata-kata yang memiliki nilai positif (misalnya: cinta, sayang, adil, ramah, baik, pandai, damai, menolong, dan sebagainya) dan kurangilah ekspose kata-kata negatif (misalnya: jahat, benci, cengeng, iri, bodoh, culas, perang, dan sebagainya).

Ekspose yang kuat terhadap kata-kata yang positif bukan hanya berfungsi melatih ketrampilan berbahasa anak dan membuat distingsi bahasa. Tetapi, pilihan dan penguasaan kosa kata mempengaruhi tata nilai yang dominan pada anak.

Selain berkaitan dengan tata nilai, kemampuan membuat distingsi bahasa (perbedaan yang tipis antar istilah) juga menunjukkan penguasaan pada satu bidang kehidupan. Seorang yang memiliki banyak pengetahuan tentang keuangan akan memiliki kosa kata yang lebih banyak mengenai uang dan perilaku uang dibandingkan orang lain. Seorang yang memiliki banyak pengetahuan tentang masakan, memiliki kosa kata yang sangat luas untuk mendeskripsikan nama benda, alat, proses, serta keadaan-keadaan yang berkaitan dengan dunia masakan.

Oleh karena itu, lihatlah kumpulan kosa kata yang kita miliki. Pada area apa yang banyak kita miliki, di situlah wilayah keahlian/kecerdasan kita. Jika kita ingin membantu anak menguasai sebuah area tertentu, salah satu strategi belajar yang dapat dilakukan adalah memperbanyak penguasaan kosa kata yang terkait dengan area itu.


Posted by Health Care , Published at 2:31 PM and have 0 comments

Tidak ada komentar :