Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

10 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

10 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

Yayat Suratmo
Ibarat mesin, organ tubuh manusia juga perlu istirahat, setelah seharian beraktivitas. Nah, Tidur adalah istirahat yang paling baik karena dalam tidur, nyaris seluruh organ tubuh manusia ‘berhenti’ bekerja alias mengalami penurunan aktivitas secara drastis.

Banyak penelitian mengungkapkan manfaat penting tidur. Bahkan dinyatakan jelas dalam medis bahwa kualitas tidur seseorang mempengaruhi kesehatan tubuh. Nah persoalannya bagaimanakah menciptakan tidur yang berkualitas?

Berikut ini tips bagaimana mendapatkan tidur yang lebih nyenyak..

1. Jangan makan banyak sebelum tidur

Makan dan minum dengan jumlah banyak sebelum tidur justru akan membuat Anda kurang nyaman karena lambung Anda penuh. Makan atau minumlah dua jam sebelum tidur. Jika Anda terlalu banyak makan atau minum sesaat sebelum tidur, akan berakbiat Anda lebih sering bangun malam untuk ke toilet.

2. Tidur dan bangun tepat waktu setiap hari meskipun di hari libur

Cobalah Anda membuat jadwal tidur Anda, dan tepatilah jadwal tersebut. Tujuannya menciptakan jadwal yang teratur dan positif agar kualitas tidur Anda semakin meningkat.

3. Hindari, nikotin, kafein dan alkohol di malam hari

Zat-zat dalam nikotin, kafein dan alkohol mendorong Anda untuk terus bangun. Jika Anda peminum kopi, setidaknya jangan minum kopi sebelum delapan jam waktu tidur Anda.

4. Tidur lebih cepat

Jangalah memilih tidur larut jika Anda bisa tidur lebih cepat. Semakin cepat Anda tidur semakin panjang waktu tidur Anda dan tentu saja Anda akan semakin mudah mendapat kualitas tidur yang baik.

5. Berolahraga teratur

Berolahraga membuat Anda lelah, namun badan sehat. Sehabis olahraga tubuh Anda butuh istirahat. Tidur setelah kelelahan berolahraga termasuk tidur yang berkualitas.

6. Buatlah suasana senyaman mungkin

Suasana kamar tidur cukup mempengaruhi bagaimana Anda mencapai kualitas tidur yang baik. Jika kamar Anda panas dan berisik, tentu saja Anda akan sulit tidur bukan? Butlah kamar Anda temaram, tenang, dan dengan suhu kamar tidak terlalu panas atau dingin.

7. Pilihlah matras dan guling yang nyaman

Gunakanlah matras, kasur, atau ranjang yang empuk dan tidak keras. Batal dan guling juga demikian, pilihlah yang terbuat dari bahan lembut dan empuk.

8. Buatlah kegiatan rutin menyenangkan sebelum tidur

Sebelum Anda tidur Anda bisa membuat suatu kegiatan yang menyenangkan untuk memancing kantuk Anda. Dengan tetap memegang jadwal Anda, cobalah Anda membaca atau berendam air hangat satu atau dua jam sebelum jadwal tidur.

9. Tidurlah ketika Anda lelah

Jika Anda tak bisa tidur setelah 15 atau 20 menit, bangunlah dan lakukan sesuatu. Tapi Anda harus berhenti dan segeralah tidur begitu terasa lelah.

10. Hanya minum pil saat terpaksa

Ketika tubuh Anda lelah, namun kantuk belum juga datang seprti yang dialami orang-orang penderita insomnia, Anda perlu ajuran dokter. Biasanya dokter hanya akan memberikan pil tidur dalam situasi dan kondisi tertentu. Begitu juga dengan Anda, untuk menghindari ketergantungan, janganlah mengandalkan obat-obatan untuk membuat Anda tertidur.

Selamat Mencoba!


Posted by Health Care , Published at 10:33 PM and have 0 comments

Tidak ada komentar :