Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Tips Manajemen Waktu

Tips Manajemen Waktu

By Diah Rucihto Januar
Bagi sebagian orang, waktu sangatlah berharga, tapi tidak demikian untuk sebagian orang lainnya. Rata-rata 30% waktu kita dihabiskan di kantor untuk para pekerja/karyawan kantoran, itupun untuk mereka yang memang 8 jam kerja sehari, belum termasuk jika ada overtime atau karena harus meeting setelah jam kerja.
Deadline! Ini kata yang cukup menakutkan bagi mereka yang bekerja berdasarkan deadline. Kenapa harus takut jika kita dapat mengatur waktu sedemikian sehingga setiap waktu yang kita lewati jadi berharga dan dapat menghasilkan bagi kita.
Pernahkan kita merasa dikejar-kejar pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya? Pernahkah anda merasa waktu berjalan begitu cepat? Dan pernahkan ada merasa seolah-olah waktu yang anda punya sedikit sekali sehingga selalu berharap ada penambahan waktu? Hal-hal tersebut ini pasti pernah dirasakan oleh semua orang.
Kenapa harus sampai kita merasa selalu kekurangan waktu? Kenapa kita selalu merasa seperti dikejar-kejar batas waktu? Kunci nya adalah Manajamen Waktu.
Bagaimana menerapkan manajemen waktu yang baik?
Mengatur jadwal kegiatan sesuai dengan yang harus dilakukan memang sulit, terlebih untuk orang-orang yang sudah terbiasa dengan sesuatu yang ‘tidak teratur’, akan tapi tidak sulit bagi mereka yang sudah biasa hidup teratur dan well organized dalam setiap kegiatan pekerjaannya, misalnya biasakanlah menyusun jadwal kerja dengan memakai agenda, agenda bisa berupa tulisan tangan di buku agenda atau scheduler di computer atau bisa juga di handphone, gadget yang saat ini sudah semakin canggih yang sudah dilengkapi dengan reminder atau pengingat waktu.
Biasanya kita menganggap remeh pekerjaan atau sering menunda suatu pekerjaan atau tugas, ini merupakan salah satu awal akan terhambatnya seseorang menuju kesuksesan. Kenapa? Karena segala sesuatu yang ditunda bisa berakibat akan penundaan di bagian lainnya termasuk mungkin karir anda. Dengan menunda pekerjaan biasanya akan membuat kita terburu-buru saat mengerjakannya karena sudah dikejar waktu harus selesai, biasanya hasil pekerjaannya pun kurang maksimal atau hasilnya bisa tidak sesuai dengan harapan. Manajemen waktu terasa simple tapi sangat berguna bagi anda yang memang memiliki pekerjaan yang cukup menuntut waktu yang sistimatis.
Manajemen waktu itu sendiri mempunyai pengertian yaitu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan menitikberatkan atas kemampuan diri sendiri untuk mampu merencanakan, mengatur dan mengontrol waktu sehingga didapat hasil nya sesuai harapan.
Mari kita berbagi tips:
  • Buat catatan untuk setiap awal kegiatan dalam sebuah agenda kerja atau log book sekaligus buatkan reminder atau pengingat waktu nya
  • Tandai yang merupakan prioritas utama, tidak ada salahnya dengan memberi warna untuk masing-masing prioritas
  • Kerjakan yang lebih prioritas atau yang dekat deadline
  • Jangan mengerjakan pekerjaan yang berbeda secara bersamaan, karena akan memecah konsentrasi saat mengerjakannya
  • Biasakan mengerjakan pekerjaan dengan tenang, terutama pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dalam menyelesaikannya
  • Jangan mengerjakan suatu pekerjaan dengan waktu yang sedikit, sediakan waktu lebih saat memulainya sehingga masih punya kesempatan jika harus ada koreksi
  • Jika ada pekerjaan yang mempunyai urgenitas yang sama, jangan dijadwalkan bersamaan, tapi diatur waktu pengerjaannya dan usahakan untuk menilai berapa lama kira-kira pekerjaan tersebut bisa kita selesaikan
  • Buat daftar pekerjaan apa yang sudah dikerjakan, sedang dikerjakan dan yang akan dikerjakan sehingga bisa dilihat mana yang sudah dan yang belum, untuk memudahkan kita saat memulai pekerjaan yang baru
Semoga bermanfaat!!




Posted by Health Care , Published at 10:27 AM and have 0 comments

Tidak ada komentar :