Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Nilai Anak Turun Jangan Menghukumnya, Ini Cara Efektifnya

Nilai Anak Turun Jangan Menghukumnya, Ini Cara Efektifnya

Bunga Kehidupan. Tidak biasanya anak terlihat murung dan tidak bersemangat saat memberikan hasil ujian sekolahnya. Ternyata nilainya turun dibandingkan ujian sebelumnya. Kecewa? Jelas, rasanya ingin marah ya Mom? Tapi tunggu dulu, saat berada di situasi seperti ini Mom tidak perlu terbawa emosi. Kecewa boleh, tapi tidak dengan marah apalagi sampai menghukum si kecil. Bukan kebaikan yang didapat justru akan menumbuhkan trauma padanya.
Mom, berikut adalah cara mengatasi nilai ujian si kecil yang turun. Tips  ini akan membantu mengatasinya.
  • Tanyakan Kendalanya

    Tidak perlu marah saat nilai ujian si kecil merosot. Coba tanyakan padanya apa kesulitan yang sedang ia alami. Dengan menanyakan apa yang menjadi kesulitannya akan memudahkan dia untuk menyelesaikan masalahnya. Tidak perlu membentak apalagi memarahinya, hal ini justru akan membuatnya merasa terbebani.
  • Dampingi

    Saat anak sudah menceritakan kendalanya sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendampinginya belajar. Ajak dia untuk membahas kembali soal ujian. Jika dia merasa ada soal yang membuatnya kesulitan dampingi dia untuk mengerjakannya. Tunjukkan bahwa Mom dapat menjadi teman yang menyenangkan untuk berdiskusi.
  • Konsultasi Bersama Guru

    Bertemu guru anak di sekolah. Konsultasikan mengenai kendala belajar yang dihadapi si kecil. Kerja sama yang baik antara guru dan orang tua akan meningkatkan pola belajar si kecil. Komunikasi ini akan membuat guru tahu apa yang menjadi kendala si kecil, dan tentu saja Mom juga akan lebih tahu tentang kegiatan yang dilakukan si kecil saat di sekolah.
  • Jangan Membandingkan

    Saat nilai ujian si kecil menurun, tidak perlu membandingkannya dengan temannya yang lain. Saat Mom berusaha membandingkan maka ia akan merasa terbebani. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda. Antara si A dan B tidak sama.
  • Berikan Dukungan dan Semangat

    Meskipun nilai si kecil bukan berarti dia tidak berhak untuk mendapatkan dukungan dan semangat. Tetap berikan dukungan untuk si kecil untuk memperbaiki nilai ujiannya. Dukungan dari Mom, akan membuat anak kembali bersemangat.
Mom, demikian tips mengatasi nilai ujian anak menurun. Tunjukkan dukungan dan semangat Mom untuknya. Emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah, selamat mencoba.

sumber: vemale.com



Posted by Aji Baroto , Published at 11:17 AM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :