Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Mengaktifkan daya ingat

Mengaktifkan daya ingat

Kunci untuk meningkatkan memori erat hubungannya dengan daya pengingat. Kita telah menyaksikan bahwa fungsi otak secara langsung dipengaruhi oleh hubungan miliaran sel otak. Hubungan ini terbentuk bila getaran elektrik ditimbulkan. Jadi, daya ingat pasti ada hubungannya dengan hubungan yang dirangsang dengan berbagai cara.

Rangsangan ini mung kin ada secara spontan-senyuman tertentu, bau parfum, foto yang sudah pudar, suara seseorang-hampir semua yang ada hubungannya dengan pancaindra kita dapat menimbulkan suatu rangkaian memori yang saling berhubungan. Dapatkah kita secara sadar merangsang otak kita untuk mempengaruhi efisiensi ingatan yang lebih baik? Jawabannya tentu saja Ya! Marilah kita coba selidiki beberapa aspek pada ingatan sadar:
• Semuanya sama, otak mengingat secara lebih efisien kejadiannkejadian yang terjadi di permulaan dan akhir, daripada kejadian yang tengah-tengah.
• Semuanya sama, otak mengingat secara lebih efisien kejadian yang baru saja terjadi. Yang kemarin lebih mudah diingat daripada yang terjadi beberapa hari yang lalu. Yang terakhir lebih mudah diingat daripada yang di tengah-tengah.
• Lebih mudah untuk mengingat sesuatu, tempat, kejadian, dan sebagainya yang saling berkaitan daripada yang sama sekali tidak ada hubungannya.
• Lebih mudah untuk mengingat sesuatu yang luar biasa daripada yang biasa.
• Lebih mudah untuk mengingat sesuatu yang diulang-ulang daripada sesuatu yang telah dilupakan. Pengulangan memperkuat pola otak yang berkaitan.

Semua hal di atas dapat digunakan untuk memperbaiki daya ingat dalam suatu situasi belajar. Tunjukkan fakta-fakta penting supaya tampil luar biasa dengan cara menyoroti, menggarisbawahi, dan menggunakan warna. Penggunaan spidol, stabilo, atau pensil warna yang berwarnaawarni jelas luar biasa, tetapi kegunaannya akan hilang, misalnya, bila seluruh buku Anda jadi berwarna kuning.
Untuk membuat sesuatu jadi luar biasa (agar mudah diingat) bagi otak
Anda, secara mental Anda dapat menjadikan sesuatu sesuai dengan
keinginan Anda. Anda dapat menggunakan humor, gambar, musikksemuanya yang melibatkan indra. Rangsangan ini secara pasti membantu dalam upaya membangkitkan ingatan. Penggunaan warna juga merupakan pilihan kedua dalam arti dapat membangunkan otak kanan, sehingga memperkuat pola hubungan dalam otak.
Memori dapat diperbaiki jika Anda menerapkan situasi yang berdaya ingat tinggi dalam strategi betajar-di permulaan, di bagian akhir; pada informasi yang terhubung dan pada informasi yang bersifat luar biasa.
Anda dapat memperbaiki daya ingat akan nama, rupa, tempat, dan kejadian jika Anda secara sadar menghubungkannya dengan salah satu indra kita, seperti musik (audio), warna (visual), atau parfum dan aroma (pembau).

BAGAIMANA MEMORI BEKERJA?

Kita mengingat segala sesuatu akan lebih mudah dengan cara asosiasi.
Setiap keping informasi dalam memori kita selalu berkaitan dengan sesuatu yang lain. Misalnya, Anda diberikan sebuah kata "apel," apa yang Anda pikirkan? Mungkin hal-hal seperti ini yang akan terpikirkan: merah, bulat,
manis, guru, pohon, buah, The Beatles. Tetapi jarang terjadi, kita diberi sebuah kata "apel" kemudian berpikir tentang "anjing." (Kecuali bila pernah terjadi peristiwa yang lucu atau unik tentang anjing dan apel). Misalnya, Anda perlu mengingat bahwa jadwal keberangkatan pesawat terbang Anda adalah pukul2 siang. Supaya tidak mudah lupa, Anda dapat mencoba membuat asosiasi antara pesawat dan 2 sayap. Dari asosiasi ini Anda akan jauh lebih mudah mengingat jam berapa pesawat Anda berangkat.
Maksimalkan Peran Panca Indra
Mengingat tempat dan peristiwa paling efektif bila dihubungkan dengan salah satu dari pancaindra kita-dan mung kin salah satu yang paling efektif adalah indra pembau.
Pakailah parfum. Hirup aromanya. Sadari indra pembau Anda. Parfum yang khusus misalnya, dikaitkan dengan perasaan yang positif atau perasaan senang seringkali memicu ingatan dengan luar biasa, walaupun kejadian itu sudah lama terjadi. Kembangkan kaitan "pembau" ini. Aroma makanan kesukaan, bau khas rumput yang baru dipotong, bau lautan, semuanya merupakan rangsangan yang sangat bag us. Kuatkan rangsangan spontan ini dengan secara sadar membuat hubungannya. Hal ini akan menambah daya ingat sampai tingkat tertentu.
Yang sama efektifnya adalah indra pendengar, seperti ritme dan musik yang akan membawa kembali kenangan lama. Musik juga mengaktifkan hubungan pada otak kanan. Bekerja, berbicara, belajar dengan diiringi hallhal yang disenangi pasti akan meningkatkan daya ingat memori Anda. Penggunaan musik terutama pada waktu bekerja sangat menyenangkan, karena musik akan menjaga otak kanan tetap terangsang meskipun otak kiri sedang bekerja.
Otak mempunyai daya tangkap yang mengagumkan bila dikaitkan dengan pancaindra. Otak dapat membedakan jutaan bau-bauan, secara tepat mengait-ngaitkan wangi-wangian dan bau-bauan dengan suatu pengalaman, orang, dan tempat.
Otak dapat meniru suara setiap instrumen dan bahkan dapat memainkan kembali simfoni secara keseluruhan. Membedakan kecepatan, nada, dan irama. Semua nuansa suara dengan mudah dapat diserap oleh komputer manusia dan sangat mengherankan bagaimana hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi daya ingat memori.
coba pikirkan tentang komposer-komposer terkenal jika Anda perlu untuk meyakinkan diri. Mereka dapat "melihat" musik dalam pikiran mereka. Sementara indra yang lain-peraba, perasa, dan penglihatannmemberitahu otak tentang semua hal yang ditambahkan ke dalam simpanan memori. Otak bahkan mencatat sensasi yang ditimbulkan oleh rabaan, rasa, dan interpretasi tentang sesuatu dalam bentuk bayangan tanpa disadarinya.
Jadi, meskipun otak sadar kita dikabur-kan, dibuat bosan ata u ha nya terfokus pada sesuatu yang lain (seperti melamun), bawah sadar mengambil semuanya-untuk disimpan di dalam memori, dan mung kin akan dikeluarkan di waktu lain. Inilah cara kerja otak kita yang sangat mengagumkan.

Yang lupa diajarkan sekolah


Posted by Health Care , Published at 10:34 AM and have 0 comments

Tidak ada komentar :