Senin, Juli 20, 2009

PENGARUH HP

Rahmi Ariyanti Agustin SMP NEGERI 2 MOJOKERTO

I. PENDAHULUAN
> Latar Belakang
Perkembangan teknologi semakin memasyarakat dikalangan anak didik. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi orang tua, karena punya anak yang tidak ketinggalan jaman. Orang tua menyadari akan pentingnya HP bagi anaknya dengan berbagai alasan. Sehingga HP, dewasa ini bukan barang mewah lagi atau bukan kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer.fungsi HP semakin meluas bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga dipergunakan dalam urusan lain seperti; SMS, MP3, Vidio, Kamera, Recoard, sehingga HP menjadi Multimedia.Prestasi memiliki pengertian hasil yang telah dicapai dari sesuatu yang telah dilakukan/ dikerjakan. (KBBI, Balai Pustakan, 1997). Unggul dalam prestasi dapat diartikan bahwa hasil yang dicapai dari sesuatu yan telah dikerjakan lebih baik dari pada yang lain.HP merupakan suatu alat elektronik yang berfungsi untuk alat komunikasi.

Di zaman ini prestasi pelajar sangat menurun salah satunya karena HP dan saya melakukan suatu penelitian di SMPN 2 MOJOKERTO JL. Jendl A. Yani telp (0321)322746 thun pelajaran 2008-2009. Dari pengguna HP di dunia saya mengambil sampel 3 anak dari kelas 9D.

> Perumusan Masalah
1. HP memang berguna tetapi HP di salah gunakan oleh para pelajar sekarang,bagaimana pengaruh HP pada pretasi belajar para siswa?
2. Kiat-kiat untuk mengatasinya?

> Tujuan
1. Begitu banyaknya penurunan prestasi belajar pelajar Indonesia. Saya ingin memahami pola pikir mereka tentang HP dan sekolah.
2. Bagi pengguna HP, membangkitkan mereka para pelajar yang sedang terlena oleh HP dan merubah prilaku tersebut menjadi yang lebih bermanfaat.

> Manfaat Penelitian
1. Untuk mengetahui pola pikir siswa.
2. Untuk menambah wawasan sosial .
3. Untuk menyelesaikan tugas.
4. Supaya para pelajar sadar kalau HP tidak penting.
5. Untuk mengetahui prestasi siswa setelah menggunakan HP.

II. DISKRIPSI

> Rencana penelitian
1. Meminta persetujuan orang tua.
2. Melakukan observasi awal dan wawancara.
3. Mengidentifikasi masalah.
4. Menganalisa masalah dan mentukan faktor penyebabnya.
5. Menyiapkan perangkat pembelajaran.
6. Menyiapkan insrument pemantauan dan alat evaluasi.
7. Merencanakan tata urutan tindakan.
> Pelaksanaan Awal
A.Siklus I
Kata mencoba sedikit-dikitnya untuk mengurangi memegang HP dan kita mulai memfokuskan diri. Kita juga butuh bantuan orang tua sebagai pembimbing kita dirumah supaya mengawasi cara belajarnya kita sehari-hari. Kita menggunakan HP kalaupun emang penting banget.
B.SIklus II
Kalaupun siklus tidak berhasil salah satu cara yang paling efektif adalah HP kita dititipkan ke orang tua. Supaya prestasi belajar kita meningkat lagi. Pendidikan Indonesia sangat terendah di Benua Asia.
> Menyusun Hasil Penelitian
A. Mengumpulkan data-data hasil penelitian.
B. Menyusun Laporan Hasil Penelitian.
1. Segi Ekonomis termasuk pemborosan.
2. Segi Manfaat prestasi belajar menurun.
3. Keasyikan memakainya mengurangi waktu belajar.
4. Segi Isi sering disalah gunakan.
5. Segi Fisik merusak moral dan mental.

C. Menyusun konsep laporan penelitian dan menyusun laporan akhir.

D. Penilaian
Kebanyakan pengguna HP para pelajar adalah kerugian yang tidak berguna sama sekali.



III. HASIL PENELITIAN

> Hasil Penelitian Siklus I
HP !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Semuanya pasti tergiur dengan benda satu itu. benda yag sangat canggih palagi dimata pelajar tetapi tidak seberapa dengan kelemahannya salah satunya dari segi manfaatnya hanya dibuat gaya-gayaan aja, pemborosan sangat besar,. disamping itu berbahaya digunakan oleh pelajar berandal, kebanyakan pengguna tidak memperhatikan fungsi sebenarnya HP.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada anak SMP mayoritas menyatakan bahwa mereka cenderung menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan fasilitas – fasilitas yang terdapat didalam handphone tersebut.Keberhasilan HP menggerogoti pikiran orang, tak disadari imperialisme budaya pun merajalela. kini HP adalah sakunya anak didik. Hampir semua anak didik mengantongi HP. Mereka merasa PD dengan HP dan seolah-olah menyatakan dirinya “saya orang modern, saya orang teknologi”). Budaya tradisional semakin jauh ketinggalan oleh gaya hidup mewah.

> Hasil Penelitian Siklus II
Maka dari itu para ortu harus mengawasi masa bertumbuhnya zaman terhadap sifat dan sifat anak-anaknya. Ortu harus tau isi yang terhadap di HP anaknya.
Kiat-kiat
1. setiap saat harus ada perkontrolan isi.
2. HP diserahkan kanak hanya hari libur.
3. Klopun nilai-nilai sekolah masih menurun. HP patut disita demi masa depan.

> Kesimpulan
HP gak begitu penting di mata pelajar. yang penting adalah sekolah !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Dari beberpa keuntungannya hampir 85% kerugiannya menggunakan HP. Jadi dapat saya simpulkan kegunaan HP hanya dapat menurunkan prestasi belajar dan sikap-sikap buruk lainnya.

> Saran
Hindari penggunaan HP yang berlebihan bagi PELAJAR PENERUS NUSA DAN BANGSA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Apakah mungkin dikeluarkam larangan membawa HP bagi siswa?. Masyarakat akan menuding institusi ini tidak mengenal Teknologi, bahkan mungkin saja orang tua akam demo dengan alasan yang sama. Lalu bagaimana?. Dan salah siapa?. Kalau dicermati dari masing-masing komponen, sekolah, siswa, orang tua, maka semua benar. Tapi yang perlu disadari sebagai penekanan adalah teknologi silahkan jalan, tetapi hendaknya dibarengi dengan nilai-nilai, moralitas (etika).

> Daftar Pustaka
Penulis Rahmi Ariyanti Agustin SMP NEGERI 2 MOJOKERTO

KBBI , Balai Pustakaan , 1997

Tidak ada komentar:

Posting Komentar