Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

Pencerahan

Pencerahan

Istilah “Pencerahan” mulai digunakan dalam bahasa Inggris selama pertengahan abad kesembilan belas,   dengan rujukan khusus filsafat Prancis, sebagai setara dengan istilah kemudian digunakan oleh penulis Jerman, Zeitalter der Aufklärung, menandakan resmi pandangan filosofis abad kedelapan belas. Namun, istilah Aufklärung Jerman tidak hanya retrospektif, melainkan sudah menjadi istilah umum  di th 1784, ketika Immanuel Kant menerbitkan esai berpengaruh, “Menjawab Pertanyaan: Apa itu Pencerahan?”.

Ada sedikit kesepakatan tentang kapan   awal usia Pencerahan dan beberapa sarjana hanya menggunakan awal abad ke delapan belas atau pertengahan abad ketujuh belas sebagai tanggal default .  Jika dibawa kembali ke pertengahan 1600-an., Pencerahan akan melacak asal untuk Descartes Wacana pada metode, yang diterbitkan pada tahun 1637. Lain mendefinisikan Pencerahan sebagai awal Revolusi Agung Britania tahun 1688 atau dengan penerbitan Isaac Newton Principia Mathematica yang pertama kali muncul pada tahun 1687. Seperti hingga akhirnya, beberapa sarjana menggunakan Revolusi Perancis tahun 1789 atau awal dari Perang Napoleon (1804-15) sebagai titik nyaman dalam waktu yang ke tanggal akhir Pencerahan .  Sejarawan Peter Gay menegaskan Pencerahan menembus “lingkaran suci  [klarifikasi diperlukan] dogma yang telah dibatasi oleh pola berpikir. Pencerahan diselenggarakan untuk menjadi sumber ide-ide penting, seperti pentingnya kebebasan, demokrasi, dan alasan sebagai nilai utama masyarakat. Pandangan ini berpendapat bahwa pembentukan dasar kontrak hak akan mengarah pada mekanisme pasar dan kapitalisme, metode ilmiah, toleransi agama, dan organisasi negara menjadi republik pemerintahan sendiri dengan cara demokratis. Dalam pandangan ini, kecenderungan philosophes khususnya untuk menerapkan rasionalitas bagi setiap masalah dianggap sebagai perubahan penting.

Tidak ada ringkasan singkat dapat berlaku adil terhadap keragaman yang tercerahkan pemikiran di Eropa abad ke-18. Karena itu sistem nilai ketimbang seperangkat keyakinan bersama, ada banyak  kendaraan berfikir bertentangan untuk mengikuti [rujukan?] Dalam tulisan yang terkenal, “Apa itu Pencerahan?.” (1784), Immanuel Kant dijelaskan secara sederhana sebagai kebebasan untuk menggunakan kecerdasan sendiri.   Secara lebih luas, periode Pencerahan ditandai dengan meningkatkan empirisme, ketelitian ilmiah, dan reduksionisme, seiring dengan bertambahnya mempertanyakan ortodoksi keagamaan.
Era Pencerahan   adalah era dalam filsafat Barat dan intelektual, kehidupan ilmiah dan kebudayaan, berpusat pada abad kedelapan belas, di mana alasan itu dianjurkan sebagai sumber utama otoritas dan legitimasi.
Mengembangkan secara simultan di Jerman, Britania Raya, Perancis, Belanda, Italia, Spanyol, dan Portugal, gerakan itu didukung oleh Atlantic Revolusi, terutama keberhasilan Revolusi Amerika dalam memecahkan bebas dari Kerajaan Inggris. Sebagian besar Eropa terangkat, termasuk Persemakmuran Polandia-Lithuania, Rusia, dan Skandinavia, bersama dengan Amerika Latin dan memicu Revolusi Haiti. Para penulis Deklarasi Kemerdekaan Amerika, Amerika Serikat Bill of Rights, Deklarasi Perancis tentang Hak Asasi Manusia dan Warga Negara, dan Konstitusi Polandia-Lituania dari 3 Mei 1791, dimotivasi oleh prinsip Pencerahan.
Terminologi “Pencerahan” atau “Abad Pencerahan” tidak mewakili satu gerakan atau aliran pemikiran, karena filosofi ini sering saling bertentangan atau berbeda. Pencerahan itu lebih kurang satu set ide-ide daripada satu set nilai. Pada intinya adalah pertanyaan kritis terhadap lembaga-lembaga tradisional, adat, dan moral. Dengan demikian, masih ada cukup kesamaan derajat antara filsafat bersaing. Juga, beberapa sekolah filosofis periode tidak dapat dianggap sebagai bagian dari Pencerahan sama sekali. Beberapa klasifikasi periode ini juga termasuk akhir abad ketujuh belas, yang biasanya dikenal sebagai The Age of Reason atau Age of Rasionalisme, sebagai bagian dari Pencerahan, namun The Age of Reason lebih sering dianggap sebagai awal dari ide-ide Pencerahan .

Dengan menganalisis keterangan di atas, maka  makna yang dapat diambil   dari dalamnya yakni bahwa pencerahan itu lebih berorientasi kepada pemahaman terhadap “ keluar dari dogma-dogma” dalam kehidupan   dengan pemikiran yang bersifat empiris. Jadi kata kuncinya adalah “rasionalitas”. Apa sikap yang muncul dari hal yang demikian ? Di antaranya adalah sikap superioritas atau kesombongan.

Wassalam. Jalius.HR

Tag Technorati: {grup-tag}pencerahan,psikologi



Posted by Health Care , Published at 2:05 PM and have 0 comments

Tidak ada komentar :