Bunga Kehidupan sebuah blog membahas tentang pernik pernik kehidupan yang terfokus pada masalah pendidikan (The life flower one blog discussed about something that was interesting to the world of education)

TEORI KOGNITIF

TEORI KOGNITIF



http://bbawor.blogspot.com/2011/02/menciptakan-pembelajaran-kreatif.htmlTeori kognitif adalah proses untuk mengetahui sesuatu atau belajar dipandang sebagai upaya untuk memahami sesuatu . Pengertian lain disebutkan bahwa teori kognitif adalah cara mengamati dan menyusun informasi dari lingkungan sekitar yang dilakukan secara aktif oleh peserta didik . Seberapa aktif dilakukan bisa mencari pengalaman baru , memecahkan masalah, mencari informasi , melihat lingkungan , mempratekkan , mengabaikan respon agar mencapai tujuan. Dalam teori kognitif pengetahuan yang didapat dari proses pembelajaran sebelumnya sangat mempengaruhi atau menentukan perolehan pengetahuan baru yang dipelajari . Teori ini berkaitan erat dengan teori kognitif adalah teori pengolahan informasi karena menurut teori ini setelah belajar ada proses pengolahan informasi di otak manusia yang dimulai dari pengamatan seseorang terhadap informasi dalam lingkungan , maka informasi diterima oleh reseptor yang membentuk simbol-simbol yang kemudian ditransmisikan ke registor penginderaan terkandung dalam saraf pusat .
Informasi yang diterima oleh saraf pusat kemudian disimpan dalam waktu singkat . Informasi yang disimpan pada saat ini sebagian diteruskan ke memori jangka pendek , sementara yang lain hilang dari sistem. Proses reduksi umumnya dikenal sebagai persepsi selektif . Sedangkan memori jangka pendek atau memori kerja dan kesadaran kapasitas memori sangat terbatas , waktu juga sangat terbatas . ( Imron , 1995,11 )
Informasi dalam jangka pendek dapat diubah menjadi kode dalam memori jangka panjang . Informasi baru diterima oleh memori jangka panjang akan datang terintegrasi dengan informasi lama . Dalam memori jangka panjang bertahan lama dan siap untuk digunakan di kemudian hari . Informasi pengeluaran yang tersimpan dalam memori jangka panjang adalah cara mengingat informasi dalam keadaan sadar pikiran dengan informasi yang kemudian mengalir dari memori jangka panjang ke memori jangka pendek . Sementara informasi respon otomatis mengalir dari generator untuk tanggapan memori jangka panjang saat panggilan berlangsung. Setiap orang berbeda dalam pencarian informasi , melalui gaya kognitif , perbedaan ini bukanlah refleksi dari tingkat kecerdasan seseorang atau pola kemampuan khusus , tapi tidak ada hubungannya dengan cara mengolah dan mengatur informasi dan bagaimana untuk merangsang lingkungan . Sebagai contoh, orang-orang tertentu cenderung bereaksi sangat cepat sementara beberapa orang cenderung bereaksi sangat lambat .
Dalam proses gaya belajar kognitif sering dianggap sebagai perbatasan antara kecerdasan dan sifat-sifat pribadi sedangkan gaya kognitif adalah gaya berpikir dan juga dapat dipengaruhi oleh kecerdasan , selain gaya kognitif juga mempengaruhi hubungan sosial dan sifat-sifat pribadi ( Dimyati 1989 . 117 ) .

sumber :
Mahmud , Dimyati . , 1989 . Psikologi Pendidikan . Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan .



Posted by Aji Baroto , Published at 7:34 PM and have 0 komentar

Tidak ada komentar :